jenis jenis tepung
Tak Berkategori

Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Terigu Serta Lainnya

Perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu – Tepung adalah salah satu bahan makan yang sering kita jumpai di dapur. Biasanya tepung di gunakan untuk membuat gorengan, kue, dan masih banyak lagi tergantung jenis tepung yang digunakan. Ada banyak sekali jenis tepung yang beredar di masyarakat luas. Tepung juga berfungsi sebagai sumber karbohidrat yang di konsumsi setiap hari.

perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu
perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu

Bagi orang yang baru mengenal tepung pasti susah rasanya membedakan antara tepung tapioka dan terpung terigu. Kali ini fulcaff akan memberikan beberapa perbedaan antara tepung terigu dan tepung tapioka. Simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu

Sekarang kamu perlu bingung lagi jika di tanya apa perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu karena kamu bisa belajar di sini dengan mengenal perbedaan dan fungsi dari setiap jenis tepung. Berikut perbedaannya jangan sampai salah pilih atau salah pakai.

Tepung Tapioka

Tepung tapioka

Tepung tapioka atau biasa disebut tepung kanji adalah tepung yang terbuat dari singkong yang berfungsi untuk mengenyalkan sebuah makanan seperti bakso, siomay, cireng, ronde, pempek, dan kue basah. Tepung tapioka memiliki cirikhas warna putih susu dan licin di tangan.

Tepung tapioka mengandung sedikit protein dan juga tidak mengandung gluten. Oleh sebab itu tepung tapioka aman untuk di konsumsibagi orang yang menderita celiac disease (gluten intolerance).

Tepung Terigu

Tepung Terigu

Bagi orang awam pasti tidak asing lagi dengan yang namanya terigu. Tepung yang sering di gunakan di berbagai jenis makanan ini terbuat dari gandum yang di giling dan mempunyai berbagai jenis. Saat kamu membeli tepung ini di toko kelontong atau warung pasti pedagang akan menawarkan jenis tepung yang mempunyai protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Apa perbedaan dari semua itu?

1. Tepung terigu tinggi protein

Tepung tinggi protein mempunyai sifat yang lebih elastis dan mudah mengambang dan biasanya di gunakan sebagai bahan roti dan mie. Bahan dasar tepung terigu berprotein tinggi ini adalah saringan pertama dari gandung.

2. Tepung terigu protein sedang

Bakpao, donat, cake, bapel, onde-onde masih banyak lagi adalah contoh makanan yang menggunakan tepung terigu yang berjenis sedang protein dan bahan baku tepung terigu berprotein sedang adalah tepung gandum level kedua dari proses penyaringan.

3. Tepung terigu rendah protein

Tepung terigu rendah protein biasanya di gunakan untuk membuat gorengan, pastel, dan kue kering. tepung ini mempunyai tekstur yang lebih kasar di bandingkan dari dua jenis tepung di atas

Tepung Maizena

Tepung Maizena
Tepung Maizena

Tepung maizena adalah tepung yang berasal dari sari pati jagung yang sering di gunakan sebagai bahan campuran tepung terigu. Tepung maizena mempunyai fungsi untuk melembutkan tekstur cake, merenyahkan gorengan, dan mengentalkan saus.

Tepung Panir

Tepung Panir
Tepung Panir

Tepung panir atau tepung roti mempunyai tekstur yang lebih kasar. Tepung jenis ini sangat cocok digunakan untuk melapisi gorengan pada bagian luarnya agar terasa lebih renyah. Tepung ini biasanya di gunakan pada kroket, nugget ayam, pisang goreng, nugget udang dan masih banyak lagi. Sekarang kamu bisa membuat gorengan renyah dengan menggunakan tepung panir.

Tepung Hunkwe

Tepung Hunkwe
Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe terbuat dari sari pari kacang hijau. Jenis tepung ini mempunyai manfaat untuk membuat bahan kue tradisional dengan tekstur yang lembut namun kenyal. Contoh jenis makanan yang menggunakan tepung hunkwe adalah kue nagasari, cendol, kue cantik manis dan bisa juga untuk tambahan dalam pelapisan gorengan.

Itulah perbedaan tepung tapioka dan tepung terigu serta jenis tepung lainnya. Jadi sekarang kamu bisa tahu dan mengerti perbedaannya masing-masing jadi jangan samapi salah pilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *