Kopi Robusta dan Arabika
Minuman

3 Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan kopi robusta dan arabika – Siapa sih yang tidak tahu kopi? salah satu minuman favorit masyarakat indonesia. Hampir seluruh orang pasti doyan dengan kopi, apalagi setiap daerah di indonesia memiliki rasa khasnya masing-masing.

Rasa dan aroma yang menyegarkan dapat menambah semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tak heran banyak anak muda yang menyukai kopi, bahkan sekarang banyak anak muda yang mulai usaha membuat warung kopi.

Salah satu keunggulan usaha minuman kopi adalah rasanya yang nikmat dan banyak disukai oleh kalangan anak muda, selain itu kopi juga bisa di kreasikan menjadi minumana apa saja. Dan salah satu jenis kopi yang di sukai oleh anak muda adalah kopi rubusta dan arabika.

Perbedaann kopi robusta dan arabika
Perbedaann kopi robusta dan arabika

Meskipun mempunyai perbedaan ternyata kedua jenis kopi ini banyak diminati oleh kalangan anak muda. Perbedaan yang paling mendasar dari kopi rubusta dan arabika adalah kopi robusta cenderung lebih pahit di bandingan dengan arabika, dan masih banyak lagi perbedaannya.

Lantas, apa saja sih perbedaan kopi robusta dan arabika yang perlu kamu tahu, simah penjelasan berikut ini.

Perbedaan kopi robusta dan arabika

1. Kopi Robusta

Kopi rubusta berasal dari afrika barat yang tumbuh di dataran lebih rendah dengan suhu tinggi. Robusta berasal dari kata ‘robust’ yang artinya kuat yang berarti memiliki rasa dan kekentalan yang kuat. Tanaman ini sangat mudah di tanam dan dirawat di daerah tropis.

Negara yang paling banyak mengekspor jenis kopi ini adalah vietnam. Dari data statistik pada tahun 2017 dan 2018 produksi kopi Robusta di seluruh dunia mencapai sekitar 64.89 juta (standar 60kg)

Kopi robusta memiliki keunggulan yakni mudah di tanam dan harganya yang jauh lebih murah di bandingkan kopi arabika. Selain itu kopi rubusta juga memiliki katahanan yang lebih baik, hal ini karena kandungan kafein dan asam klorogeniknya yang tinggi yang berfungsi sebagai pestisida untuk melindungi dari serangan hama dan penyakit.

2. Kopi Arabika

arabika
kopi arabika

Kopi arabika adalah jenis kopi yang berasal dari dataran tinggi Ethiopia Barat. Kopi ini tumbuh pada ketinggian sekitar 3.000-7.000 kaki di atas permukaan laut. Daerah subtropis adalah daerah yang cocok untuk kopi arabika.

Tanah gembur (tanah vulkanik) adalah jenis tanah yang cocok dengan curahan hujan dan sinar matahari dapat membuat kopi arabika tumbuh dengan baik. Tetapi tanaman jenis kopi ini tidak mudah untuk dirawat, tanamnannya sangat mudah rentan terkena hama dan penyakit.

Kopi arabika merupakan jenis kopi paling popular di dunia bahkan hampir semua orang menyukai kopi ini. Jika kamu membeli kopi arabika di kedai kopi kamu dapat melihat tasting notes pada kemasannya, misalnya: floral, fruity, orange, buttery, chocolate, caramel, dan lainnya.

Perbedaann kopi robusta dan arabika

Perbedaan paling mencolok dari kedua kopi tersebut adalah tempat dan proses menanamnya menanam kopi arabika bisa dibilang cukup sulit di bandingkan robusta. Tanaman arabika mempunyai daya tahan yang rendah sehingga mudah di serang hama, berbeda dengan robusta yang memiliki ketahanan lebih baik.

Kopi arabika memiliki kelebihan pada segi rasa dan aroma, rasa yang manis dan ringan saat diminum membuat kopi ini lebih banyak disukai oleh kebanyakan orang di bandingkan denga robusta

Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika dari Segi Rasa

Salah satu perbedaan kopi robusta dengan arabika adalah robusta cenderung memiliki rasa yang lebih pahit, mirip dengan kacang-kacangan, dan kasar sedangkan arabika memiliki rasa yang sedikit asam tidak terlalu pekat.

Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika dari Segi Ukuran

Perbedaan yang paling menonjol adalah ukuran biji kopinya. Biji kopi robusta jauh lebih kecil dengan arabika yang memiliki ukuran lebih besar. Selain itu, bentuknya juga berbeda biji arabika berbentuk lonjong sedangkan robusta cenderung lebih membulat.

Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika dalam Segi Perawatan

Seperti yang kita tahu hama adalah salah satu penyebab rusaknya tanaman kopi, hal ini dapat mempengaruhi kulitas kopi yang di hasilkan. Kopi robusta jauh lebih tahan hama jik di bandingkan dengan kopi arabika. selain itu kopi robusta jauh lebih mudah perawatannya dibandingkan kopi arabika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *