Usaha makanan
Makanan

Apa yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membuka Usaha Makanan

Bingung mau usaha apa? bagi kamu yang beru lulus sekolah atau kuliah pasti sekarang sedang galau mau kerja atau usaha. Banyak di antara kalian sering bertanya usaha apa sih yang tidak terlalu nguras pikiran, gampang di lakukan oleh semua orang baik pemula atau yang sudah expert sekalipun.

Jawabannya adalah Bisnis kuliner. Memang usaha makanan tidak mudah untuk di jalankan banyak pengusaha kuliner yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak mempunyai sebuah rancangan strategi yang tepat sehingga prospek usahanya tidak jelas dan terarah.

yang perlu diperhatikan
yang perlu diperhatikan

Bisnis kuliner sekarang lagi naik daun banyak sekali masyarakat dari kalangan anak muda berlomba-lomba membuka bisnis makanan dengan mempunyai ide yang cemerlang, tekad yang kuat, dan keseriusan dalam menjalaninya pasti semua orang bisa melakukannya.

Baca juga: Makanan kekinian yang mudah di buat

Jika kamu mempunyai niatan untuk membuka usaha makanan ada beberapa hal yang kamu harus perhatikan saat memulai usaha makanan supaya nanti tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Beriku apa yang perlu diperhatikan jika ingin membuka usaha makanan.

1. Modal usaha yang Cukup

Modal usaha yang Cukup
Modal usaha yang Cukup

Sebelum memulai usaha makan kamu harus mempunyai modal yang cukup supaya lebih gampang dalam menentukan mau bisnis makanan apa. Jika kamu hanya memilik ide dan tidak mempunyai modal kamu juga bisa mengajak partner untuk bisnis makanan bareng kamu selain itu kamu juga bisa meminjam koperasi.

2. Analisis pasar (survei pasar)

Jika kamu sudah mempunyai modal langkah selanjutnya adalah menganalisi pasar untuk mengetahui respon pasar terhadap produk makanan kamu dan mengetahui seberapa banyak dan kuat kompetitor atau pesaing usaha kamu.

Kenapa harus riset pasar? Hal ini memudahkan kamu dalam merencanakan proses usaha kamu untuk kedepannya untuk menghindari suatu kesalahan yang dapat menyulitkanmu pada saat menjalankan usaha kulinermu nantinya.

3. Buat rancangan strategi yang tepat

Buat rancangan strategi yang tepat
Buat rancangan strategi yang tepat

Setelah mengetahui kondisi pasar, langkah selanjutnya adalah membuat rancangan strategi yang jelas, detail, dan matang. Contohnya saja kamu memilih kuliner yang tidak banyak di jual oleh para pesaingmu, jika masih bingung maka kamu juga bisa meniru apa yang di jual oleh kompetitormu tapi kamu harus membedakan konsep makanan tersebut supaya tidak sama persis dengan pesaingmu.

4. Pilih lokasi yang strategis

Pilih lokasi yang strategis
Pilih lokasi yang strategis

Setelah membuat rancangan strategi yang matang maka selanjutnya kamu haru menentukan lokasi yang mumpuni untuk jualan. Sekedar tips pilihlah lokasi yang banyak di lewati oleh banyak orang contohnya di pinggir jalan, taman, pasar, mall, sekolah/kampus dan masih banyak lagi.

5. Lakukan Promosi di media sosial

Promosi di media sosial
Promosi di media sosial

Promosi di meedia sosial dapat meningkatkan penjualan kamu, biasanya kebenyakan orang memanfaat media sosial hanya untuk mencari hiburan tapi kali ini kamu bisa memanfaatkan untuk mempromosikan produk kamu supaya dikenal oleh banyak orang. Kamu bisa memanfaatkan Whatsapp, Facebook, Instagram, Youtube, dan masih banyak lagi. Manfaat dari promosi online adalah untuk menghemat biaya promosi jadi kamu tidak perlu cetak brosur dan segala macam.

6. Jaga kualitas makanan

Jaga kualitas makanan
Jaga kualitas makanan

Setelah melakukan itu semua maka hal yang paling penting untuk kamu perhatikan adalah menjega kualitas menu makanan kamu tetap stabil. Buat pelanggan kamu ketagihan dengan makanan kamu dan pastikan rasa dan kualitas tetap terjaga.

7. Jangan lupa berdoa

Jangan lupa berdoa
Jangan lupa berdoa

Usaha tanpa doa adalah sombong sedangkan doa tanpa usaha adalah bohong. Jangan lupa berdoa ketika mulai usaha makanan, manusia hanya bisa berusaha sedangkangkan tuhan yang memberi kesuksesan terhadap usaha kamu.

Itulah beberapa yang harus di perhatikan ketika akan memulai usaha kuliner semoga kita semua di berikan kemudahan dalam memulai usaha. jika informasi ini bermanfaat silahkan share kepada teman kamu yang ingin memulai usaha makanan. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *