Makanan-Karbohidrat
Makanan

7 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi

Makanan yang Mengandung Karbohidrat – Selain protein dan lemak, karbohidrat ternyata juga sangat di butuhkan oleh tubuh kita ada banyak sekali manfaat dari karbohidrat itu sendiri salah satunya adalah sebagai sumber energi bagi tubuh.

Saat karbohidrat memasuki tubuh kita maka, secara otomatis langsung di olah oleh tubuh menjadi energi dan sebagian lagi di simpan dalam bentuk glikogen di hati dan otot.

Hanya ada beberapa bagian tubuh yang hanya mengandalkan energi dari karbohidrat saja saja seperti sistem syaraf dan eritrosit (sel darah merah). Sealin itu karbohidrat juga mempunyai fungsi lainnya.

Makanan yang mengadung karbohidrat
Makanan yang mengadung karbohidrat

Fungsi-fungsi karbohidrat lainnya adalah:

1. Memaksimalkan fungsi otak, glukosa yang ada pada karbohidrat sangat penting bagi tubuh, terutama fungsi otak

2. Mngurangi resiko penyakit, selain memiliki efek negatif pada kesehatan jantung ternyata karbohidrat juga dapat mengurangi resiko penyakit.

3. Mengontrol berat badan, fungsi utama dari glukosa adalah membantu mengontrol berat badan.

4. Menyehatkan pencernaan, banyak mengkonsumsi karbohidrat dalam bentuk serat ternyata dapat menyehatkan pencernaan. Fungsi serat serat sendiri adalah mengurangi sembelit, meringankan diare, dan mecegah perut kembung.

Itu adalah beberapa manfaat dari karbohidrat, maka dari itu mulailah sekarang untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi.

Kali ini saya akan memberikan informasi apa saja makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi. Baca sampai selesai yaa!!

Makanan yang mengandung karbohidrat

1. Nasi merah

Siapa sih yang nggak tau nasi orang indonesia kalo belum makan nasi sama aja belum makan. Tetapi kali ini nasi Merah atau beras merah yang mempunyai karbohidrat lebih tinggi dari pada nasi putih.

Mengandung sekitar 36 gram karbohidrat dalam satu cangkir beras merah yang dimasak, selain itu beras merah juga kaya antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Jagung

Jagung merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat ada sebanyak 25 gram karbohidrat dan 3,36 gram protein yang terkadung dalamjagung. Selain itu kandungan gula pada pada jagung jauh lebih rendah dibandingakan nasi putih. Untuk itu jagung sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

3. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah makanan kesukaan masyarakat indonesia tak heran apabila kita kepasar maka sering menjumpai makanan yang satu ini, selain rasanya yang manis ternyata ubi jalar banyak mengandung karbohidrat dilansir dari hellosehat.com dalam 100 gram ubi jalar terdapat 35,4 gram karbohidrat.

salin itu ubi jalar juga berperan untuk mengendalikan gula darah, mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko kanker,meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi.

4. Buah Mangga

Salah satu buah yang banyak disukai oleh banyak orang dan banyak mengandung karbohidrat adalah mangga, dalam satu cangkir potongan mangga seberat 165 gram (sekitar 1½ buah) mengandung 24,7 gram karbohidrat.

selain itu mangga juga mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh kita, dikutip dari hellosehat.com mangga mempunyai manfaat yakni: Menjaga kesehatan rambut dan kulit, menurunkan tekanan darah, mempunyai manfaat untuk mata, berpotensi mencegah kanker, meredakan sembelit, membantu mencegah sakit jantung, mangga punya manfaat untuk berat badan turun

5. Buah Kurma

Kurma adalah salah satu buah kering yang banyak mengandung karbohidrat, dalam satu buah kurma medjool setidaknya ada 17,99 gram karbohidrat yang terkandung di dalamnya. Sealin itu kurma juga mengandung serat, kalsium, fosfor, kalium, dan vitamin A, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

6. Kacang Merah

Kacang merah merupakan biji-bijian yang mengandung karbohidrat tinggi yang menyehatkan, dalam satu cangkir kacang merah kurang lebih mengandung 21 gram karbohidrat. Selain itu kacang merah juga mengandung protein dan serat yang sangat baik.

Salain itu kacang merah juga mengandung kalium dan zat besi, oleh sebab itu kacang merah diangggap dapat mencegah peradangan pada usus besar.

7. Buah Pisang

Siapa sih yang tidak tahu buah pisang salah satu buah kesukaan masyarakat ini ternyata mengandung karbohidrat tinggi, dalam satu buah pisang berukurang sedang mengandung sekitar26,95 gram karbohidrat. Selain itu pisang juga banyak mengandung kalium, vitamin A, dan vitamin C.

Salain itu pisang juga mengandung potasium yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Maka dari itu jangan lupa untuk makan buah pisang setiap hari.

Itulah beberapa informasi makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi. Jangan lupa untuk di konsumsi setiap hari supaya tubuh kita mendapatkan pasokan energi yang cukup. Terima kasih sudah membaca semoga informasi tersebut bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *