Kopi hitam tanpa gula
Minuman Sehat

6 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula dan Efek Samping

Siapa sih yang tidak suka minum kopi? minuman yang satu ini sangat cocok diminum di pagi hari maupun sore hari. Hampir kebanyakan orang pasti suka dengan kopi, baik kopi manis maupun kopi pahit. Tapi kebanyakan orang lebih cenderung menyukai kopi manis daripada kopi pahit.

Baca Juga : Perbedaan kopi robusta dan arabika

Tenyata minum kopi dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita. Salah satunya adalah minum kopi tanpa gula, apa saja manfaat kopi hitam tanpa gula apabila di konsumsi setiap hari. Berikut adalah manfaat minum kopi tanpa gula.

Manfaat kopi hitam tanpa gula
Manfaat kopi hitam tanpa gula

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

1. Menurunkan potensi terkena penyakit kanker dan jantung

Ternyata manfaat minum kopi tanpa gula dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kopi hitam dapat meningkatkan produksi insulin yang dapat mencegah dari berbagai penyakit. Selain itu, kopi juga banyak mengandung antioksidan tinggi yang mempunyai manfaat untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

2. Membantu mengurangi berat badan

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau diet mungkin dengan cara mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula adalah cara yang tepat. Kenapa bisa begitu? Minum kopi tanpa gula dapat membantu meningkatkan metabolisme hingga 50%, sehingga membuat kamu lebih semangat berolahraga di gym. Fungsi kopi hitam sendiri adalah untuk membantu membakar lemat di perut.

3. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Kopi hitam tanpa gula adalah salah satu minuman diuretik. Hal inilah yang membuat kamu lebih sering buang air kecil daripada biasanya, hal ini menyebabkan racun-racun yang ada pada saluran pencernaan akan ikut keluar bersaaam dengan feses yang dikeluarkan.

4. Menguatkan daya ingat otak

Bagi kamu yang susah untuk mengigat sesuatu, boleh di coba untuk minum kopi tanpa gula. manfaat kopi hitam tanpa gula itu sendiri adalah meningkatkan daya ingat memori otak. Secara tidak langsung, hal ini juga membantu menjaga syaraf tetap aktif sehingga mencegah dimensia (Penyakit Pikun)

5. Mengurangi resiko diabetes

Salah satu manfaat kopi hitam tanpa gula adalah untuk mengurangi resiko diabetes. Orang yang sering minum kopi tanpa gula cenderung lebih susah terkena penyakit gula daripada orang yang mengkonsumsi kopi menggunakan gula.

6. Menjaga Mood

Salah satu manfaat terbesar dari minum kopi tanpa gula adalah mencegah kamu depresi. Meminum minuman ini setiap hari bisa mencegah parkinson dan meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Fungsi dari dopamin sendiri adalah untuk meningkatkan suasana hati anda.

Itulah beberapa manfaat kopi hitam tanpa gula. Apabila kamu ingin meminumnya setiap hari silahkan asal tidak berlebihan karena dapat menimbulkan resiko bagi sebagian orang. Apa saja resiko-resiko tersebut? mari kita ulas.

Efek samping minum kopi tanpa gula

1. Meningkatkan kecemasan dan mengganggu pola tidur yang menyebabkan tidur gelisah (insomnia)

2. Kafein berinteraksi dengan beberapa obat salah satunya adalah obat tiroid, obat psikiatrik dan depresi, antibiotik Cipro, dan obat mulas Tagamet.

3. Bagi sebagian orang kopi dapat meningkatkan kadar gula darah dan tekanan darah, karena bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2 akan kesulitan mengelola insulin mereka.

4. Kafein yang berlebihan dapat menyababkan pelemahan tulang belakang pada wanita pascamenopause jika mereka terbiasa meminum labih dari 3 gelas atau 300 mg kafein dalam sehari tetapi tidak di imbangi dengan kalsium yang cukup. Padahal seorang wanita harus memastikan dia mendapatkan setidaknya 800 mg kalsium setiap hari melalui makanan atau suplemen.

4. Kopi juga dapat meningkatkan kadar asam lambung dalam tubuh seseorang dan dapat mengakibatkan masalah pada pencernaan mereka.

Itulah manfaat dan efek samping dari meminum minuman kopi. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kita semuanya dan tetaplah menjaga kesehatan, karena kesehatan itu sangat mahal harganya. Terima kasih sudah membaca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *