Tawaran Kemitraan Usaha Fulcaff
MENCECAP TAWARAN BISNIS KEDAI KOPI

Oleh: Tri Sulistiowati – Selasa, 03 Maret 2015
Editor Kontan.co.id: Rizki Caturini

reportase waralaba franchise fulcaff

Kontan.co.id – Bisnis kedai kopi makin bersinar. Minuman ini memang banyak yang menggandrungi. Apalagi saat ini tren kedai kopi sebagai tempat berkumpul dengan teman-teman hingga rekan bisnis, mencetak merek-merek kedai kopi anyar. Tidak sedikit dari mereka yang menawarkan kemitraan usaha.

Salah satu pengusaha yang memanfaatkan peluang ini adalah Syaiful Bari dengan membuka bisnis KOPI LUWAK ASLI merek Fulcaff tahun 2010 di Kota Depok, Jawa Barat. Dia memiliki gerai pribadi di Kota Depok yang berada di kawasan Grand Depok City, lebih tepatnya beralamat di Jl. Raya KSU – KP Parung Serab, No. 11, Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok. Agar jumlah kedai kopinya cepat berbiak, awal tahun 2015, Syaiful mulai membuka kerjasama kemitraan usaha.

Meski masih baru, kini sudah ada beberapa mitra yang bergabung seperti yang berlokasi di Kalimantan Timur, Jakarta, Depok dan lain sebagainya. Dia mengklaim keunikan gerainya adalah dengan menawarkan 20+ varian minuman kopi authentic dengan 10+ pilihan metode seduh. Dia juga menawarkan menu turunan lainnya seperti Cappuccino Durian, Moccacino Durian, Choco Koffie, Coffee Float, Peanut Cappuccino dan lain-lain dengan total menu sebanyak 70 varian.

Syaiful Fulcaff menawarkan empat model paket investasi, yakni:

Pertama, paket hemat senilai Rp 5 juta. Fasilitas yang didapatkan mitra adalah satu unit booth sederhana, peralatan dan perlengkapan usaha standar serta bahan baku awal sebanyak masing-masing 1 kg. Mitra hanya boleh menjual beberapa jenis menu saja.

Kedua, paket capdur seharga Rp 8,5 juta. Perbedaan fasilitas yang didapat yakni menu, peralatan dan bahan baku dengan jumlah yang lebih banyak dengan tambahan 300 kemasan gelas dan lain-lain.

Ketiga, paket all in one gerobak fulcaff dengan total investasi hanya Rp 12,5 juta. Fasilitas tambahan yang didapat mitra lebih banyak dan varian kopi yang bisa dijual tentu saja lebih lengkap.

Sementara paket terakhir adalah paket kafe dengan investasi kurang lebih Rp 135 juta. Fasilitas yang didapatkan pada paket ini adalah konter, peralatan kafe, perlengkapan membuat kopi lengkap, perlengkapan promosi, bahan baku awal, pelatihan, desain interior dan eksterior serta perlengkapan tambahan lainnya. Pada paket ini mitra juga bisa menjual semua jenis minuman. “Untuk model kafe ini mitra harus menyiapkan tempat dengan minimal luas 25 m² dan setidaknya tiga karyawan,” katanya.

Pusat mengutip franchise fee sebesar 3% saban bulan di tahun kedua. Bahan baku kopi harus dibeli dan diambil dari pusat. Harga jual menu di kedai ini mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 75.000 per gelas. Harga ini disesuaikan dengan target konsumennya menengah ke bawah atau ke atas.

Mitra untuk paket cafe ditargetkan mendapatkan omzet sekitar Rp 30 juta per bulan. Setelah dikurangi biaya operasional, keuntungan bersih yang didapatkan mitra lebih dari 30% dari omzet. Waktu balik modal diprediksi sekitar 1,5 tahun.

Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi KADIN, Amir Karamoy bilang, potensi usaha kopi masih bagus, terutama di luar pulau Jawa. Asal pemilik usaha juga menawarkan suasana yang sokong gaya hidup.

kopi luwak asli fulcaff cafe depok di tabloid kontan

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/mencecap-tawaran-bisnis-kedai-kopi