Pada tanggal 26 Maret 2011 yang lalu, Kompasiana menerbitkan sebuah reportase tentang bisnis Kopi Luwak Fulcaff milik Syaiful Bari dengan judul Ipung: Memulai Bisnisnya Lewat Jejaring Sosial. Untuk reportase lengkapnya, baca di bawah ini:

fulcaff di kompasiana

JAKARTA – Siapa bilang menjadi pebisnis susah? Gampang kok! Demikian ungkapan percaya diri Syaiful Bari seorang pengusaha Kopi Luwak dengan merek dagang Fulcaff. Ia sangat optimis dengan bisnis kopi luwaknya yang sudah dan terus mendunia.

Syaiful Bari yang lebih akrab disapa Ipung dulunya bukanlah orang yang bergelut di dunia bisnis, melainkan ia bergiat sebagai penulis serta terjun di dunia politik. Namun, karena kejenuhannya di dunia politik dan tulis menulis, ia pun memilih dunia bisnis.

Untuk mempermudah pemasarannya, Ipung memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook di https://www.facebook.com/kopiluwakfulcaff serta website di http://fulcaff.com

Tak tanggung-tanggung, hasil ketekunannya dalam mengelola bisnis Kopi Luwak, Ipung bisa memasarkan kopi luwaknya hingga luar negeri.

Alhamdulillah. Akhirnya, Kopi Luwak kami berhasil masuk Italia. Dengan begitu, daftar negara tujuan Kopi Luwak kami bertambah banyak. Sebut saja Thailand, Belgia, India, Rusia, Perancis, Jepang, Korsel, China, AS dan lain-lain,” ungkap Ipung, Jum’at (25/3/2011).

Ipung sangat berterima kasih kepada sejumlah pihak yang telah berkenan membeli kopinya. “Terkait perkembangan ini, kami ucapkan terima kasih banyak kepada banyak pihak yang telah berkenan membeli Kopi Luwak dan menjadi mitra kami,” tuturnya.

Menurutnya, sebagian konsumen yang telah membeli kopi luwaknya rata-rata untuk dikonsumsi sendiri, meski juga ada yang dijual lagi. Selain itu, ada pula yang membeli untuk diberikan kepada sanak saudara dan teman untuk hadiah. “Sebagian dikonsumsi sendiri, dan sebagian lainnya dibawa ke negaranya sebagai oleh-oleh buat teman-teman,” katanya. “Ada juga yang untuk keperluan dijual lagi,” lanjutnya.

Dikatakan Ipung, peluang bisnis Kopi Luwak ke depannya semakin terbuka lebar. “Bisnis ini terus berkembang dari waktu ke waktu seiring dengan meningkatnya kebutuhan publik dan perkembangan teknologi seperti internet. Jadi, jangan sia-siakan jejaring sosial di internet seperti Facebook. Yang penting, juallah Kopi Luwak Asli dan berkualitas!” tutupnya.