Pada tanggal 23 Februari 2015, BisnisUKM.com melansir dua buah berita tentang Cafe Fulcaff dan Fulcaff Coffee. Salah satunya berjudul Produsen Kopi Luwak Asli dan salah satu yang lainnya berjudul Mantan Politisi Jadi Juragan Kopi Luwak Asli. Berikut ini liputan lengkapnya:

produsen kopi luwak asli fulcaffPRODUSEN KOPI LUWAK ASLI

BisnisUKM.com – Oktober 2010 menjadi hari yang bersejarah bagi Syaiful Bari (30). Pada saat itu, Syaiful memutuskan untuk resign dari pekerjaannya di kancah politik. Ia memilih membangun bisnis Kopi Luwak Asli dari NOL dengan brand Fulcaff. Awalnya, bisnis Kopi Fulcaff ini dipasarkan oleh Syaiful melalui sejumlah website.

Awal tahun 2011, bisnis Syaiful berbuah manis. Ia mendapatkan buyer dari negara Singapura dan diundang untuk menjalin kerjasama sebagai bisnis Kopi Terbaik dan Termahal di dunia.

Hingga kini, Kopi Luwak Fulcaff telah memiliki berbagai sertifikat resmi. Jangkauan pemasarannya telah tersebar di Korea Selatan, Taiwan, Jepang, China, India, Qatar, Rusia, Amerika Serikat, Jerman, Belgia, Italia, Afrika Selatan, dan masih banyak lainnya.

MANTAN POLITISI JADI JURAGAN KOPI LUWAK ASLI

BisnisUKM.com – Terjun di dunia politik dan sukses memiliki karir cemerlang di sebuah partai besar tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi sebagian orang. Namun lain halnya bagi Syaiful Bari (30) yang bisa dikatakan sebagai “orang gila” karena terlalu nekad mengambil resiko dan tidak sayang melepas status pekerjaannya yang kala itu termasuk “basah” di dunia politik.

Menduduki jabatan terakhir sebagai Manager Kampanye Nasional DPP PKB pada Pemilu Legislatif 2009, tak lantas membuat lelaki lulusan Filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini puas dengan karirnya saat itu. Bahkan di luar pekerjaan di DPP PKB, kala itu Syaiful Bari masih aktif menulis buku dan artikel di sejumlah media massa.

“Di luar pekerjaan di DPP PKB, saat itu saya masih aktif menulis. Dan kebetulan saya bertemu dengan salah satu pengusaha Kopi Luwak yang meminta saya menuliskan ebook tentang Kopi Luwak Asli yang kala itu masih menjadi harta karun. Dari sinilah minat dan hasrat saya terhadap kekayaan Kopi Indonesia tumbuh dan kian bertambah sampai akhirnya mendirikan FULCAFF yang awalnya hanya bergerak di bidang usaha Kopi Luwak Asli,” ujar Syaiful Bari.

Membangun Bisnis Kopi Luwak dari NOL

Pada bulan Oktober 2010, Syaiful memutuskan resign dari semua pekerjaannya di dunia politik berikut yang menyertainya dan memilih membangun bisnis sendiri dari NOL. Terbukti, keyakinan Syaiful terhadap peluang bisnis Kopi Luwak Asli yang dipasarkan melalui sejumlah website yang ia buat sendiri mulai berbuah manis. Awal tahun 2011, Syaiful mendapatkan buyer dari Singapura dan sengaja diundang kesana untuk menjalin kerjasama bisnis Kopi Terbaik dan Termahal Sejagad.

Berangkat dari situ, buyer Kopi Luwak Asli merek Fulcaff mulai berdatangan dari berbagai negara. Beberapa di antaranya bahkan ada yang datang langsung ke tanah air bertemu dengan owner Fulcaff. “Syukur Alhamdulillah, kini Kopi Luwak Fulcaff memiliki berbagai sertifikat resmi dan konsumennya tersebar di Korea Selatan, Taiwan, Jepang, China, India, Qatar, Rusia, Amerika Serikat, Jerman, Belgia, Italia, Afrika Selatan, dan masih banyak lainnya,” tuturnya.

Tak berhenti di situ saja, Syaiful mulai menggenjot pemasaran produk baik melalui media online maupun offline. “Saat ini Kopi Luwak Fulcaff juga dapat dibeli di mall-mall seperti Sarinah Thamrin dan juga dijual di Lazada, serta tentu saja juga bisa dibeli secara online di sejumlah web Fulcaff. Kopi Luwak Asli merek Fulcaff juga dapat dipesan langsung di Cafe Fulcaff Kota Depok,” ungkap pengusaha sukses yang akrab dipanggil Ipung tersebut.

Melihat permintaan pasar yang begitu besar. Syaiful mulai optimis dengan bisnis Kopi Luwak Asli yang ia kembangkan. Bahkan saat ini produk Fulcaff bukan hanya terbatas pada Kopi Luwak Asli, Fulcaff juga mulai memproduksi Specialty Coffee Indonesia seperti Arabica Aceh Gayo, Toraja, Lintong, Mandheling, Java Sunda Hejo, Bondowoso, Bali Kintamani, Flores Bajawa, Papua Wamena.

Selain itu, Fulcaff juga menjual kopi impor yang fresh dan finest seperti Kopi Arabika Kenya, Brazil Santos, Blue Mountain Jamaica dan lain-lain. Fulcaff juga memiliki Single Origin Coffee, dan Premium Coffee Blend yang dijual dengan harga reasonable.

Menggandeng Mitra Untuk Mengembangkan Bisnisnya

Dalam mengembangkan bisnisnya, Syaiful tak tanggung-tanggung dalam melakukan inovasi. “Fulcaff juga sudah bergerak di bisnis Cafe Fulcaff yang saat ini telah diwaralabakan. Selain bisnis franchise Cafe Fulcaff, tersedia juga waralaba murah dalam bentuk Gerobak Fulcaff dengan 3 pilihan paket, yaitu: Paket Hemat dengan nilai investasi Rp 5.000.000,00, Paket CapDur dengan nilai investasi Rp 8.500.000,00 dan Paket All in One dengan nilai investasi Rp 12.500.000,00,” ucapnya kepada tim liputan BisnisUKM.com

Saat ini Cafe Fulcaff memiliki lebih dari 70 menu makanan dan minuman dengan kisaran harga Rp 10.000,00-Rp 75.000,00/porsi. Sedangkan untuk produk lainnya seperti Single Origin Coffee dipasarkan dengan harga Rp 65.000-Rp 100.000 per kemasan netto 250g, Premium Coffee Blend dengan harga Rp 45.000-Rp 50.000 per kemasan netto 250g, Kopi Luwak Arabika Gift Box dengan harga Rp 250.000 per kemasan netto 100g, Kopi Luwak Peaberry Gift Box dengan harga Rp 400.000 per kemasan netto 100g dan lain sebagainya.

Dibantu oleh beberapa orang karyawan, saat ini Syaiful bisa memproduksi Kopi Luwak Asli dengan kapasitas produksi 100kg/bulan, sedangkan untuk Single Origin Coffee dan Premium Coffee Blend kapasitas produksi kurang lebih 1 ton per bulan.

“Alhamdulillah bisnis kopi ini berkembang melebihi ekspektasi. Dari bisnis Kopi Luwak berkembang dan bertambah Single Origin Coffee, Premium Coffee Blend, Kemasan Kopi Impor, Cafe Fulcaff dengan konsep WISATA KOPI berbagai varian dan aneka pilihan metode seduh. Tersedia juga WARALABA Cafe Fulcaff serta GEROBAK FULCAFF yang sudah buka di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan berbagai daerah lainnya,” imbuhnya.

Ketika ditanya mengenai kemenangan terbesar yang ia dapatkan setelah terjun di dunia usaha, Syaiful mengaku banyak keberkahan yang Ia dapatkan. “Alhamdulillah berkat bisnis kopi ini saya bisa lebih dekat dengan keluarga. Bersyukur bisa membantu anak-anak muda yang ingin kuliah tapi terbatas secara financial dengan bekerja di Fulcaff,” kata Syaiful.

Meski awalnya memang cukup berat untuk meninggalkan dunia politik dan berpaling ke dunia usaha. Namun, bagi pengusaha sukses yang satu ini, segala sesuatu itu pasti ada nolnya. “Angka 0 tidak akan pernah menjadi 1, 2, 3 apalagi 10 kalau Anda tidak memulainya dengan berpikir, bekerja, dan berdoa. Jangan takut mencoba! Bisnis itu memang SERAM MENGGODA. Seram karena tidak sedikit yang gagal bahkan melarat. Menggoda karena banyak yang SUKSES dalam bisnis dan hidup BAHAGIA,” pesannya menutup sesi wawancara kami.

Ke depannya, Syaiful Bari sedang mempersiapkan pengembangan usaha baru dan sesuai rencana, Ia ingin membuka Barista & Coffee School. Ia berharap agar apa yang menjadi rencananya ke depan bisa diberikan kemudahan dan kelancaran usaha.

Tim Liputan BisnisUKM:
http://bisnisukm.com/produsen-kopi-luwak-asli.html
http://bisnisukm.com/mantan-politisi-jadi-juragan-kopi-luwak-asli.html