Kopi Luwak Liar berasal dari feses binatang luwak yang sengaja dicari dan ditemukan di hutan atau di sekitar perkebunan kopi secara bebas. Ada keyakinan, kualitas Kopi Luwak Liar relatif lebih baik jika dibandingkan dengan Kopi Luwak Penangkaran, karena proses pemilihan buah kopi yang dikonsumsi oleh binatang luwak berlangsung secara alami dan tidak dipaksakan. Hanya saja, keyakinan semacam ini telah mengalami pergeseran karena tiga alasan, yaitu:

kopi luwak liar gift box

kopi luwak liar

Pertama, proses produksi Kopi Luwak Liar tidak terkontrol, karena lamanya feses luwak di tanah sampai dengan proses pengumpulan sehingga feses luwak liar berisiko terkontaminasi oleh bakteri dan virus yang dapat merusak biji kopi luwak seperti jamuran, biji hitam, terbelah, berlubang, pecah, bercampur dengan benda asing, cacat karena serangga dan berbagai bentuk cacat lainnya. Kopi Luwak Liar yang terlalu lama di tanah dan terkena air hujan juga bisa mengakibatkan aroma dan rasa Kopi Luwak jelek seperti earthy, moudly, sting coffee dan lain-lain.

Kedua, meski luwak peliharaan tidak memilih dan memakan langsung buah kopi dari pohonnya, tetapi luwak penangkaran pasti diberi buah kopi yang matang dan segar. Binatang luwak masih menyortir sendiri buah kopi yang matang optimal berdasarkan indera penciumannya yang tajam dan sistem pencernaan yang unik untuk kemudian difermentasi secara sempurna. Hasilnya, Kopi Luwak memiliki aroma dan rasa spesial.

Ketiga, kualitas dan kekhasan Kopi Luwak Penangkaran lebih terjamin, fresh dan terkontrol proses produksinya. Hal ini disebabkan karena produksi Kopi Luwak telah menjadi sistem yang berjalan rapi dan teratur seperti yang kami sampaikan di Alur Produksi Kopi Luwak. Di samping tempat tinggal luwak yang dibuat alami, pola pemberian makanan dan minuman luwak penangkaran dijaga untuk menjamin kesehatan luwak karena tidak setiap saat luwak diberi menu makanan berupa buah kopi. Luwak yang dipelihara juga dimanja dengan aneka makanan dan minuman lainnya seperti buah-buahan, daging, susu, madu dan lain sebagainya.

Seperti yang kami informasikan di Kopi Luwak Asli, keistimewaan Kopi Luwak terletak pada proses fermentasi yang berlangsung sempurna dan tidak tergantikan, serta ditambah dengan pengolahan yang tepat tanpa campuran bahan lain. Artinya, Kopi Luwak Liar yang diyakini relatif lebih baik akan menjadi jelek jika tidak ditangani dan diproses dengan metode yang tepat. Hal serupa juga berlaku bagi Kopi Luwak Penangkaran. Analoginya, 2 orang barista tidak akan mungkin bisa membuat 1 jenis minuman yang sama 100%. Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman untuk menjaga karakter Kopi Luwak. Itulah kenapa kami mengambil posisi sebagai mitra Anda yang selalu siap menjaga dan menghadirkan Kopi Luwak berkualitas.